Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu
Morinda Citrifolia atau yang lebih dikenal dengan nama Mengkudu (Buah Noni) merupakan obat herbal yang telah teruji secara klinis dan dikonsumsi oleh sejumlah penduduk di dunia. Mengkudu mengandung xeronin dan proxeronin dalam jumlah yang besar. Perlu anda ketahui bahwa xeronin merupakan zat penting yang mengatur fungsi dan bentuk protein pada sel-sel tubuh manusia.

Manfaat buah mengkudu bagi tubuh manusia secara umum antara lain:

1. Meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh
Buah mengkudu yang dikonsumsi secara teratur akan membantu menigkatkan daya tahan tubuh karena zat yang terkandung di dalamnya mampu memperbanyak produksi sel T yang berguna untuk melawan penyakit pada tubuh manusia

2. Menetralisir tekanan darah
Pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, konsumsi buah mengkudu secara rutin dan dalam frekuensi tertentu dapat menurunkan tekanan darah. Akan tetapi perlu diketahui bahwa dalam mengkonsumsi buah mengkudu untuk menetralkan tekanan darah tidak boleh berlebihan, sehingga setelah tekanan darah kembali normal alangkah baiknya segera menghentikan pemakaian buah mengkudun tersebut.

3. Meredakan rasa sakit

Mengkudu selain mengandung xeronin yang sangat berguna bagi penderita diabetes juga mengandung zat analgesic yang mampu meredakan sakit pada tubuh manusia seperti halnya obat-obat kimiawi yang sering diberikan dokter untuk pasiennya.

4. Anti bakteri
Pohon mengkudu bukan hanya buah dan daunnya saja akan tetapi akarnya juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting yaitu sebagai anti bakteri karena mengandung senyawa antraquinon. Senyawa tersebut mampu melenyapkan bakteri shigella dan staphylococcus yang dapat menyebabkan penyakit disentri dan infeksi pada jantung.

Sedangkan khasiat buah mengkudu antara lain:
  • Meningkatkan kekuatan tulang
  • Membersihkan darah
  • Melancarkan Buang Air Kecil dan Buang Air Besar (BAB)
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Sebagai antiseptik
  • Menghaluskan kulit
  • Mengobati batuk dan sebagai obat cacing

Dari segi manfaat dan khasiat, mengkudu memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, sebagian orang tentu merasa bahwa buah mengkudu memiliki bau dan rasa yang kurang enak. Bahkan ada yang merasa tidak nyaman dengan bau buah mengkudu sehingga enggan mengkonsumsinya. 

Akan tetapi dengan bau dan rasa yang kurang enak tentu bukan menjadi alasan untuk hidup sehat karena kesehatan lebih utama dari sekedar bau dan rasa. 

Meskipun buah mengkudu memiliki berbagai macam manfaat dan baik untuk dikonsumi, harus tetap ada pengawasan dalam mengkonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang boleh mengkonsumsi buah mengkudu baik dalam bentuk kapsul maupun jus mengkudu, seperti penderita penyakit ginjal dan sedang menjalani diet kalium. Bagi penderita penyakit ginjal dan sedang menjalani diet kalium dilarang mengkonsumsi mengkudu karena buah mengkudu mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga dikhawatirkan akan semakin memperparah keadaan. Hal ini juga berlaku pada penderita masalah hati karena juga dapat memperburuk kondisi kesehatannya.


Ditulis Oleh : Unknown - Inspirasi Tiada Batas

Safron Haslan Sobat sedang membaca artikel tentang Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu . Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: Get this widget ! ::

Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top