Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh
Buah nanas yang memiliki nama latin Ananas comosus merupakan buah tropis yang pada awalnya berasal dari daerah Amerika selatan dan Amerika tengah. Buah nanas pada saat ini banyak sekali dijumpai di Indonesia dan biasa dikonsumsi sebagai bahan pembuatan acar, rujak, ataupun dimakan langsung ketika telah masak.

Buah Nanas ini ternyata juga memiliki kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, selain itu, nanas juga memiliki khasiat atau manfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini merupakan kandungan yang terdapat pada buah nanas:

Kandungan Gizi dan Vitamin Pada Buah Nanas.

Buah nanas mengandung vitamin A dan C dalam jumlah yang besar, vitamin tersebut dapat berguna sebagai antioksidan alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah nanas juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, sukrosa, dekstrosa, dan juga enzim bromelain. Enzim Bromelain sendiri bermanfaat sebagai obat antiradang yang membantu mengolah makanan pada lambung enzim ini bersama dengan antioksidan alami yang terkandung dalam buah nanas dipercaya mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh serta dapat mencegah bibit-bibit sel kanker. Nanas juga memiliki kandungan serat alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan makanan.

Buah nanas yang memiliki banyak sekali kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh tersebut juga memiliki khasiat atau manfaat lain bagi kesehatan. 

Manfaat buah nanas antara lain:

1. Mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel Kanker
Buah nanas mengandung antioksidan yang tercipta dari kadar vitamin A dan C yang tinggi di dalamnya mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh serta membantu pemulihan sel-sel yang rusak. Dengan adanya antioksidan tersebut, sel kanker dapat dicegah dan diperlambat pertumbuhannya.

2. Membantu melunakkan makanan di dalam lambung

Enzim Bromelain yang terdapat dalam buah nanas mampu membuat makanan dalam lambung lebih lunak sehingga membantu lambung dalam mencerna makanan tersebut. Enzim ini juga berguna sebagai antiradang dalam lambung.

3. Mengobati peradangan pada kulit
Buah nanas kaya akan vitamin C yang baik dalam penyembuhan luka serta perawatan kulit tubuh. Buah nanas mampu mengobati peradangan pada kulit atau kulit bersisik dan terkelupas dengan cara mengoleskan nanas pada bagian kulit yang mengalami peradangan tersebut secara teratur.

4. Mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala
Siapa sangka buah nanas ternyata juga dapat bermanfaat sebagai alternatif mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala. Caranya adalah dengan memarut buah nanas hingga halus kemudian mencampurnya dengan air jeruk nipis secukupnya kemudian gosokkan pada area kulit kepala. Lakukan secara rutin 2 kali sehari pagi dan sore dan ketombe akan hilang secara perlahan dari kulit kepala anda.

5. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas dangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan makanan serta proses pembuangan sisa hasil metabolisme tubuh. Untuk itu, buah nanas juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

6. Meningkatkan gula darah rendah
Bagi Anda penderita gula darah rendah, buah nanas juga dapat bermanfaat sebagai alternatif alami untuk meningkatkan gula darah anda. Dengan mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kadar gula dalam darah anda.

7. Melancarkan Haid atau datang bulan (Menstruasi)
Buah nanas muda memiliki potensi sebaga abortivum yang sangat bermanfaa untuk memperlancar proses menstruasi bagi wanita. Jika anda sedang mengalami haid atau datang bulan, bisa coba mengkonsumsi nanas muda dan rasakan khasiatnya.


Ditulis Oleh : Unknown - Inspirasi Tiada Batas

Safron Haslan Sobat sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan . Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: Get this widget ! ::

Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top